Selasa, 05 Januari 2010

Konfigurasi Hardware Mainframe





Gambar diatas mengilustrasikan konfigurasi hardware sebuah mainframe.
Data data disimpan pada disk yang dihubungkan ke mainframe menggunakan channel FICON. Jumlah channel bisa 4 atau 8, tergantung kapasitas disk dan jumlah controller yang digunakan. Satu box disk terdiri dari beberapa volume disk yang dapat diberi nama (atau dikenal dengan sebutan volser, volume serial).
Pada saat ini, type type volume yang banyak digunakan adalah type 3390 model 3 dengan kapasitas ~ 2,6 GB/volume. Juga ada type 3390 model 9 dengan kapasitas 3 x 2,6 GB. Jadi jika kapasitas 1 box disk sebesar 4 TB, anda bisa membaginya menjadi sekian volume 3390 model 3 dan sekian volume 3390 model 9.

Data juga bisa disimpan didalam tape( ini istilah jaman dulu sehubungan dengan penggunaan tape ril, yang masih sering digunakan. Sekarang orang sudah menggunakan tape dalam bentuk satu kemasan catridge). Biasanya data yang ditaruh dictaridge adalah data data untuk keperluan backup. Tape drive juga dibutuhkan untuk intalasi software dan restore data.
Tape drive dikoneksikan ke mainframe juga menggunakan channel FICON. Jumlah channel yang digunakan tergantung jumlah tape drive yang dimiliki.
Saat ini satu catridge memiliki kapasitas 30 GB sampai 160 GB. Artinya dalam satu catridge anda bisa menyimpah berpuluh volume disk. Kapasitas yang besar ini juga didukung oleh transfer rate data ke tape drive yang sangat kencang.

Agar user bisa menggunakan mainframe, terminal user (sekarang sudah tidak jaman lagi menggunakan dumb terminal, tapi sudah bisa menggunakan pc) dihubungkan lewat jaringan SNA atau TCPIP lewat Open System Adapter (OSA), yaitu device komunikasi yang sudah menjadi satu dengan mainframe. Anda bisa menggunakan fromat Token Ring (Anda pernah dengan Token Ring?) atau Ehternet, FDDI, ATM.
Untuk kebutuhan koneksi Console s/w mainframe, anda perlu menggunakan OSA Tbase. OSA Tbase ini juga selain bisa dimanfaakan untuk konsole juga bisa dipakai untuk koneksi terminal local non-sna.
Sedang untuk user user lain, yang didalam satu area atau di remote, anda bisa menggunakan OSA GBE selain OSA Tbase.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar